AutoMining, Faucet, – Bitcoin,,Life Style Everything You Need to Know

Nov 1, 2018

Video Pembuatan Sabun Di Pakistan Ini Menggegerkan Internet, Ratusan Sabun Diolah Hanya dengan Tenaga “Manusia”, Prosesnya Bikin Kamu Tercengang!


 Di zaman serba modern, pastinya kita berpikir bahwa pembuatan sabun sudah tentu diproduksi dalam sebuah pabrik. Pun pabrik ini  bisa menghasilkan produksi sabun masal dalam sehari. Namun, sebuah video pembuatan sabun di Palestina yang diunggah di youtube mengejutkan banyak orang.
Tak lain tak bukan adalah karena seluruh proses pembuatan ratusan sabun itu ternyata masih menggunakan tenaga manusia. Sama sekali tanpa mesin-mesin masif dan modern, lho. Video ini menunjukkan pembuatan sabun secara tradisonal di sebuah pabrik tua pada pusat Kota Nablus, Palestina.
Pembuatan sabun di sini masih menggunakan teknik konvensional berpuluh tahun lalu. Namun nilai plus dari sabun ini adalah bahan-bahan yang digunakan lebih alami, sangat mudah didapatkan, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Kelebihan sabun herbal/alami/natural ini jika  dibanding sabun biasa dipasaran adalah hampir semua bahannya herbal kecuali lye (bahan dasar sabun), tidak mengandung SLS (Sodium Laureth Sulfate). Jadi memang lebih bagus untuk kesehatan kulit.

Proses pertama yakni proses peleburan bahan sabun pada sebuah kuali yang besar sekali. Setelah proses peleburan selesai, adonan sabun pun dibawa dengan ember ke lantai atas. Setelah itu, masuk pada proses pengeringan sabun sebelum dicetak. Adonan tadi ditumpahkan di atas lantai sebuah aula kosong khusus untuk proses ini. Lantai tentunya sudah dilapisi dengan lapisan plastik sehingga tetap steril.

Setelah merata, sabun pun ditunggu hingga mengering. Selanjutnya sabun memasuki proses pemerataan, permukaannya dikikis agar merata. Sabun pun akhirnya dicetak persegi empat sesuai ukuran yang ada dengan tenaga manusia. Padahal sabunnya terhampar bermeter-meter, lho, salut banget. Selesai mencetak sabun pun masuk tahap terakhir yakni memberikan stempel merek yang lagi-lagi secara manual.

Tahap paling terakhir adalah membungkus sabun yang juga tetap secara manual. Kebayang gak sih pegalnya membungkus beratus-ratus sabun kaya gini? Namun tentunya proses yang rumit ini harus kita apresiasi karena mereka masih mempertahankan tradisi dari masa lampau serta membuat sabun tanpa menimbulkan limbah seperti pabrik. Nilai plus lainnya adalah sabun tradisional ini memiliki kandungan alami yang baik. Jadi pengen nyoba juga nih Mimin!

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Categories

Blog Archive

AIC`Plus +

About Me

`Eobot

`Eobot
Auto-Mining

My Life My Rule's

AutoMining

Blogger Pages

Jeaslie

Sponsor

About

The best internet investment. Earn a XXX% daily profit! href="https://soin.biz/?ref=MiracleLie">

Copyright © Endless Paradox | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com